WELCOME :D


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Thursday, September 17, 2009

Tips ngejalanin puasa.

Bloggey, sebelumnya maaf ya klo telat update. Abis sibuk, buka bareng sana sini, hehe.

Oke, lanjut. Kita akan bahas apa yang menjadi judulnya.

Gue punya beberapa tips nih buat jalanin puasa (mestinya di tulis pas awal puasa ya? Hehe maaf)

*abis buka jangan langsung makan nasi. Why? Soalnya bisa bikin kekenyangan terus bikin males, pengennya tidur, terus ga sholat teraweh deh. Sayangkan ga dapet amalan buat sholat teraweh.

*Buka puasa minum apa ya? Nih tipsnya klo buka puasa mending minum es buah ataupun bikin sendiri es buahnya. Cukup beli sirup, 1 buah apel, ½ buah blewah / timun suri (tapi klo bisa blewah aja soalnya ga benyek kayak timun suri), beberapa buah anggur, biji selasih, dan strawberry. Jangan lupa es batunya. Nah, kenapa mesti minum es buah? Karena buah banyak mengandung serat dan juga vitamin yang bagus buat tubuh apalagi pada saat kita berpuasa dan juga menjaga tubuh kita agar tetap segar.

*Nonton tontonan sahur / tontonan buka puasa yang segar dan bikin ketawa. Why? Karena tertawa bisa itu adalah terapi terbaik buat kesehatan dan juga bisa menghilangkan stress :D

*Kurangi konsumsi minuman berkafein. Puasa – puasa gini pasti sering bikin pengen tidur terus padahal rutinitas mesti jalan terus. Jalan pintasnya? Sahur – sahur minum segelas kopi. That’s wrong! Why? Karena kopi itu mengandung banyak kafein dan itu ga baik buat orang yang berpuasa.

*Pas sahur ga boleh makan kelengkeng, minum minuman manis, permen, kue – kue yang bikin seret (gue juga ga tau bahasa yang bener gimana, Cuma tau seret) Why? Karena yang manis – manis itu bikin kita cepet haus. Coba deh, pasti baru jam 11 udah berasa haus banget gara-gara pas sahur makan kelengkeng (pengalaman pribadi soalnya :p)

*Gosok gigi setelah sahur, berbuka puasa dan sebelum tidur. agar mulut bersih, tidak tersisa makanan dan pastinya mengurangi bau mulut.

*Rajin minum vitamin ataupun obat pencegah maag. Supaya pas puasa kita tetap fit.

*Hindari makanan yang berpotensi menimbulkan bau seperti bawang merah, bawang putih, jengkol, petai, durian, ikan, daging dan juga susu (nah lho?). Jadi gini makanan – makanan yang tadi gue sebutin itu sangat berpotensi menimbulkan bau mulut. Emang sih kata orang bau mulut orang puasa sama seperti bau surga. Eh tapi ga mau kan lagi puasa dijauhin orang gara-gara bau mulut?

*Hindari makan sosis, nugget, mie instant setiap hari. Sahur pasti pengan yang simpel dan ga bikin repot, apalagi klo sahur kesiangan. Tapi jangan dibiasain makan makanan itu ya. Why? Karena itu makanan olahan dan juga banyak mengandung pengawet. Emang sih ada beberapa manfaat makan sosis / nugget. Tapi jangan keseringan ya. Ya maksimal dua minggu sekali. Kalau pun kepepet mesti makan itu setiap hari klo bisa makan itu dibarengin dengan beberapa sayur – sayuran.

*Biasain buat olahraga ataupun jalan kaki selama 30 menit saat puasa. Jadi, puasa jangan jadi alasan buat ga olahraga. Ya ga mesti terlalu diforsis sih, misalnya cukup jalan dari depan komplek sampe rumah ataupun sebelum sekolah.

*Sering ngantuk? Coba deh begerak sedikit meregangkan otot dan sendi – sendi ataupun jalan-jalan ke meja teman di sekolah / kampus / kantor. Niscaya sedikit demi sedikit ngantuk hilang.

Last,

*Jangan keseringan buka puasa di luar ya. Bulan puasa adalah moment buat kita untuk ngumpul bersama keluarga. Ngumpul sama temen kan ada batasnya juga.

Gimana tips dari gue? Mantapkan? Kalo di facebook pasti udah banyak nih yang ‘like’ :P

Oke, sekian dari gue. Dan maaf klo ada beberapa tips yang salah. Gue ga lebih dari bocah 1 SMA yang sok tahu :D dan gue senantiasa terima kok masukan kritik / saran dari kalian. Wasalam :)

PS : Diambil dari beberapa sumber

1 comment: