WELCOME :D


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Thursday, September 10, 2009

puasa tahun ini dan tahun lalu

ga tau kenapa lagi pengen bandingin puasa tahun lalu dan tahun ini. dan emang banyak perbedaannya.

Puasa dengan anggota keluarga yang ga lengkap. again yeah. bokap masih ada di Afrika. kemungkinan balik bulan November. artinya dari awal puasa ampe lebaran abis ga ada dia. padahal tahun lalu dia sempet balik ke jakarta di H-7 trus H-1 kita mudik ke Makassar.
Kerasa banget ya klo puasa ga ada bokap. Biasanya dia yang jadi imam disetiap shalat, dia yang bangunin sahur, dia selalu ajak taraweh bareng.

Gue tahu, gue bukan anak manja kayak ade gue, yang selalu nanya “kapan bapak pulang?” tapi gue ga bisa bohongin diri sendiri kalo gue kangen masa2 puasa bareng bokap. gue tahu banget kok, bokap disana sungguh2 kerja buat gue juga. ya gue mencoba menerimanya dan selalu berdoa "semoga tuhan senntiasa menjaga & melindunginya. amin

* Makin remaja, makin males ibadah
emang ini salah satu permasalah yang bukan hanya gue hadapi, tapi temen-temen gue juga. begitu banyaknya ajaran sesat yang nyuruh buka puasa di siang bolong cuma gara-gara cuaca panas. terus mereka pasti tinggal bilang "ya kan bisa diganti nanti" atau ga "tahun depan masih bisa ketemu puasa kok" atapun gara-gara online facebook dan twitter yang buat jadi males sholat dan menunda waktu shalat buat online. janjinya sih cuma bentar, eh lama-lama ga berhenti. sampe waktu shalat abis baru inget (that's true?)

well, itu persepsi yang salah. gue pernah diajarin sama temen gue anak mts (aulia & afra) klo seandainya kita berpuasa dan dengan sengaja membatalkan diri maka tidaklah dapat digantikan puasa itu. jadi dapet dosa gitu dan percuma klo lo gantiin tuh puasa. ga bakal diterima tuh puasa! cool, mantapkan kata-kata kedua temen gue itu?

and then, yang masalah tahun depan masih bisa puasa itu. loh emang lo tahu kapan lo bakal meninggal? kita tuh ga pernah akan tahu kapan akan dipanggil oleh tuhan. ini ya contohnya, lusa kemaren temen SMP gue namanya Desna, baru aja meninggal jam 17.30 . (sebelumnya mari doain semoga dia diterima disisi tuhan, amin) emang sih gue ga terlalu akrab sama dia, tapi kan tetep aja itu contoh klo umur kita ga pernah ada yang tau sampai kapan. jadi sebisa mungkin deh jalani puasa dengan sungguh-sungguh :D
last.

* Puasa kok banyak banget ulangan ? boleh nyontek ga ?
perut lagi laper, tenggorokan haus masih juga disuruh mikir ulangan yang susah itu. jalan pintasnya? nyontek klo ga ya kerjasama. pasti banyak yang nanya tentang ini juga "boleh ga sih nyontek pas puasa? dosa ga? atau malah batal?"

nih, gue pernah di kasih tau sama guru gue. yang namanya nyontek itu dosa. nah pas gue nanya klo kerjasama pa? ya dia diem aja. tandanya boleh donk? haha :P
eh tapi kata dia nyontek di bulan puasa ga bikin puasa batal gitu aja, cuma pahala puasanya yang berkurang, see? masih mau nyontek?

sekian lah postingan kali ini, lusa update lagi. byeee bloggey :D

No comments:

Post a Comment